Burung hantu atau OWL saat ini diketahui memiliki 150 spesies & dapat ditemukan di banyak negara termasuk Indonesia. Karena wajahnya yang cukup menyeramkan & hanya berkeliaran di malam hari maka di Indonesia disebut burung hantu.

Berbeda dari burung pada umumnya, ia mempunyai dua mata yang posisinya menghadap ke depan mirip manusia. Pandangan mata & pendengarannya sangat tajam sehingga dapat mengetahui mangsa di kejauhan meskipun dalam kondisi gelap gulita.

Burung hantu memiliki 3 kelopak mata, yaitu: 1 untuk berkedip, 1 untuk menutup mata saat tidur, dan satu lagi untuk menjaga bola mata tetap bersih.

Makanan utama burung hantu adalah tikus, bahkan ada satu spesies di luar negri (barn owl) sanggup menyantap 1000 ekor setiap tahun. Tidak heran burung ini menjadi sahabat para petani. Bahkan di daerah Sumatera & Kalimantan burung ini sengaja diternakkan untuk melindungi tanaman kelapa sawit.

Selain tikus, burung ini juga bisa memakan makanan lain yang ada di habitatnya seperti: ular, kadal, ikan, dan seterusnya.

Hal menarik yang kita bisa pelajari dari burung hantu adalah cara dia berburu yang mengkombinasikan antara fokus pada mangsa, kecepatan menyergap, dan kekuatan dalam melumpuhkan mangsa. Sebagai contoh dalam menangkap tikus, burung ini dengan cepat menyergap buruan sebelum tikus menyadari atau ataupun lari (lihat video youtube dibawah).

Namun ketika menangkap ular agak berbeda strateginya, burung ini ada sesi pergumulan dimana tidak hanya kecepatan & kekuatan yang dibutuhkan tetapi juga keuletan menaklukkannya.

Sepintas kalau diperhatikan burung hantu secara fisik adalah jelek, gendut, pendiam namun siapa sangka dia mempunyai kemampuan & insting yang luar biasa. Tidaklah heran burung ini banyak dipakai sebagai simbol dari kebijaksanaan.

Dalam bekerja baik itu sebagai karyawan kemampuan seperti burung hantu itu perlu diadopsi, yaitu: tenang dalam banyak kondisi namun tetap sigap dalam menangkap peluang & fokus dalam menaklukkannya. Selain itu dalam menaklukkan peluang tetap mengedepankan pemilihan strategi yang tepat dengan mengkombinasikan kekuatan, kecepatan & keuletan.   (- sgt-)

Share This