Crowdsourcing merupakan bentuk mengkolaborasikan permodalan/ kapital  di era millenium dimana ada seseorang atau organisasi melibatkan publik untuk memberikan resources-nya (tangible & non tangible) seperti finansial, ide, waktu, pemikiran, dst. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Jeff Howe and Mark Robinson tahun 2005.

Beberapa contoh organisasi di luar negri yang sudah mengimplementasikan antara lain:

  1. Kickstarters, yaitu suatu wadah yang memfasilitasi para innovator mendapatkan funding/ pendanaan dari siapapun di seluruh dunia. Melalui wadah ini mereka mempresentasikan prototype/ idenya melalui tulisan dan video.
  2. Apple lewat Forum Support. Melalui forum ini siapapun yg menghadapi masalah teknis dengan produk Apple dapat men-submit issuenya lalu semua orang di seluruh dunia yang menjadi komunitasnya dapat saling memberi saran penyelesaian. Dalam sistem ini Apple menerapkan point system yang menjadi gamification menarik bagi komunitasnya.
  3. General Electric, Unilever, Dell  yang memanfaatkan Crowdsoursing untuk mendapatkan ide-ide inovatif produk yang akan mereka kembangkan secara bisnis. Cara mereka menarik ide crowd adalah dengan kontes Innovation Challenge yang berhadiah. Sebagai contoh tahun 2018 GE menyediakan hadiah bagi juara pertama sebesar USD 35,000. Sedangkan Dell memberikan USD 25,000.
  4. Wikipidia, menurut saya juga salah satu bentuk crowdsourcing dalam bentuk berbagi menuliskan pengetahuan.

Meskipun istilah crowdsoursing sudah ada cukup lama, namun saya baru tahu & mengimplementasikannya di tahun 2012 yaitu saat masih bekerja di suatu perusahaan telco. Ketika itu dipercaya menjadi project leader untuk mengembangkan suatu program dimana semua karyawan diberi kesempatan untuk berbagi ide bisnis kepada perusahaan. Ide-ide yang masuk melalui intranet kemudian difilter oleh suatu sistem & dianalisa oleh tim internal. Ide yg lolos akan ditindaklanjuti oleh tim kecil yang melibatkan sang pemberi ide menjadi suatu konsep yang dituangkan dalam Power Point. Konsep ini kemudian dipresentasikan ke Top Management, jika lolos akan ditindaklanjuti dalam bentuk suatu Project Bisnis hingga tahap piloting.

Jadi dengan mengadopsi konsep crowdsourcing kita dapat menggandakan kapital (tangible & intangible) dengan lebih cepat,  murah, out of the box thinking.

Berikut link untuk Innovation Challenge jika anda tertantang mencobanya. (-sgt-)

Unilever
General Electric
Dell

 

Share This