Menghitung Body Fat

Persentase lemak tubuh (body fat percentage) dapat dipakai untuk mengukur tingkat kebugaran seseorang. Menghitung Body Fat Percentage dilakukan dengan mengukur total massa lemak dibagi total massa tubuh kali 100.

Untuk menghitung Body Fat anda silahkan klik tulisan ini.

Body Fat pada wanita lebih tinggi dibanding pria karena secara natural wanita memiliki siklus hormonal yang berbeda & juga memiliki kodrat untuk melahirkan anak. Selain dibedakan gender, Body Fat juga dipengaruhi usia dan tingkat keaktifan tubuh. Sehingga seorang atlit akan memiliki body fat percentage yang lebih sedikit dibandingkan orang yang kurang berolah-raga.

Semakin besar persentase Body Fat seseorang maka tingkat kebugaran akan turun. Selain itu juga meningkatkan resiko kena penyakit yang diakibatkan gangguan metabolisme. Penyakit-penyakit ini antara lain: diabetes tipe 2 dan darahtinggi, jantung, stroke, ginjal.

Meskipun Persentase Body fat semakin kecil semakin baik, namun demikian ada batas bawah yang tidak boleh dilampaui  yang disebut Essential fat. Jika dilampaui maka keseimbangan fisik & fisiologis akan terganggu.

Idealnya untuk mengurangi body fat adalah dengan olahraga & menjaga kalori makanan. Tetapi ada sejumlah artis yang terobsesi untuk kurus sehingga makanan yang sudah dimakan akan cenderung dimuntahkan & ini menimbulkan gangguan kesehatan yang disebut anoreksia, contoh yang pernah mengalami adalah Angelina Jolie & princes Diana.

Berikut tabel body fat percentage menurut American Council on Exercise:

Deskripsi Wanita Pria
Essential fat 10–13% 2–5%
Atlit 14–20% 6–13%
Bugar (Fitness) 21–24% 14–17%
Rerata orang 25–31% 18–24%
Obesitas 32%+ 25%+

Foto Angelina Jolie saat mengalami Anoreksia

menghitung body fat
Share This