Kalkulator BMI

Menghitung Berat Badan Ideal

Kalkulator BMI

BMI anda adalah :

Powered by BMI Calculator

Menghitung Berat Badan Ideal

Kita perlu tahu cara menghitung berat badan ideal namun ternyata ada beberapa pendekatan yang biasa dipakai orang. Waktu masih sekolah jaman dulu saya hanya tahu cara menghitung berat badan ideal dengan memperhatikan tinggi badan. Rumusnya pada waktu itu dikenal dengan Broca index yaitu tinggi badan dikurangi 100 cm lalu sisanya dikasih faktor penambah dan pengurang 10 persen untuk pria dan 15% untuk wanita:

  • Berat Badan Pria = (tinggi – 100) +- (10% x (tinggi – 100))
  • Berat Badan wanita = (tinggi – 100) +- (15% x (tinggi – 100))

Sebagai contoh untuk wanita tinggi 150 cm maka berat badan ideal dengan rumus lama adalah 150-100 = 50. Lalu 15% dari 50 adalah 7,5. Sehingga rentang berat badan ideal wanita tinggi 150 cm adalah 42,5 – 57,5 kg.

Ternyata saat ini ada formula yang lebih diakui secara medis untuk menghitung berat badan ideal dengan BMI (Body Mass Index atau Indek Masa Tubuh)BMI merupakan ukuran yang telah dipakai WHO sebagai standard untuk menentukan apakah berat badan seseorang termasuk kategori: ideal, kekurusan, kelebihan berat badan, & obesitas. Adapun range BMI untuk masing-masing kriteria tsb adalah:
1. Terlalu Kurus : <18.5
2. Ideal : 18.5 – 24.9
3. Kelebihan berat : 25-29.9
4. Obesitas : >30

Rumus untuk menghitung BMI = Berat Badan / (tinggi badan kuadrat)

Contoh:

Tinggi badan = 1,7 Meter
Berat badan = 65 Kg
BMI                = 65 / (1,7 x 1,7) = 22,5

Jika berat terlalu berlebih maka resiko gangguan kesehatan akan menjadi lebih besar. Sebagai contoh orang yang masuk kategori obesitas akan memiliki resiko tinggi penyakit diabetes, darah tinggi, jantung, ginjal  & kanker. Sedangkan orang yang terlalu kurus bukan berarti baik karena jika masuk kategori ini maka gangguan kesehatan yang dialami biasanya mengarah ke osteoporosis.

Dengan mengetahui berat badan ideal maka kita dapat merencanakan dan mempraktekkan lebih baik gaya hidup sehat melalui olahraga & diet yang tepat.

menghitung berat badan ideal
pencerahan kehidupan

Untuk pencerahan lainnya dapat diakses di http://pencerahan.org/artikel/

Share This