Kalkulator Kalori

Menghitung Kebutuhan Kalori Dengan Mudah

Calorie Calculator

Male Female
Male Female

Menghitung Kebutuhan Kalori

 

Kalori merupakan sumber energi bagi manusia yang didapat dari makanan dimana didalamnya bisa berupa karbohidrat, lemak & protein. Dalam 1 gram karbohidrat & protein masing-masing akan menghasilkan 4 kalori, sedangkan 1 gram lemak akan memproduksi 9 kalori.

Kebutuhan kalori seseorang ditentukan oleh:

  • keaktifan fisik yang dijalani, contohng berolahraga akan membutuhkan lebih banyak kalori dibanding hanya duduk nonton TV.
  • BMI (Body Mass Index), orang yang gemuk kebutuhan kalori akan lebih besar dibanding yang kurus
  • Jenis kelamin, dimana pria membutuhkan lebih banyak kalori dibanding wanita
  • Usia, dimana remaja membutuhkan kalori lebih banyak dibanding orang tua untuk menopang masa pertumbuhannya.

Kunci untuk menurukan berat badan adalah kalori yang masuk harus lebih sedikit dibanding yang keluar. Input kalori bisa dilakukan dengan pemilihan makanan yang tepat. Sedangkan kalori yang dikeluarkan dapat diperbesar dengan berolahraga.

Saya sendiri pernah membuktikan ketika mulai mempraktekkan gaya hidup sehat di awal tahun 2014. Dari semula tidak pernah berolahraga selama bertahun-tahun menjadi berolahraga paling tidak 5 kali seminggu. Makanan dari semula apapun disantap mulai pilih-pilih. Ternyata kalau saya ukur berat makanan yang dikonsumsi sehari-hari meningkat hampir 3 kali lipat namun demikian berat badan justru turun. Hal ini bisa terjadi karena kebutuhan kalori harian saya meningkat drastis dan di sisi lain kandungan kalori per berat makanan turun meskipun secara keseluruhan beratnya naik.

menghitung kebutuhan kalori
Share This